Khatam di Ramadhan

Gw lumayan tertarik dengan sejarah dunia. Tapi susah menemukan sumber yg bisa kasih milestones sejarah dunia in brief. Sampai akhirnya gw menemukan “Guns, Germs & Steel” karya Jared Diamond. Ia adalah Profesor Geografi dan pemenang Hadiah Pulitzer 1998 karena buku ini. Judul terjemahan dari buku ini adalah “Bedil, Kuman & Baja”.

Sebenarnya udah lumayan tau lama buku ini. Sekitar dari 2013 pas masih kerja di Jakarta. Tapi baru baca tahun 2018. Pas baca.. Uwow! This is what I was looking for. Buku ini memang bukan bacaan yg ringan. Tapi ga kalah menyenangkan. Semakin membaca, imajinasi gw dibuat meloncat-loncat oleh penuturannya Jared dari mulai sejarah manusia pemburu-pengumpul, pertanian, imperium hingga manusia kini.

Dari buku Jared, gw menemukan Kosmos. Buku ini menarik lebih jauh pembahasan. Bukan hanya sejarah dunia, tapi juga semesta. Sebelum baca bukunya, gw nonton dokumenter yg diangkat dari buku ini di Netflix. Sayangnya skrg udah ga tersedia.

Beberapa teman merekomendasikan bukunya Yuval Hariri. Meskipun pembahasan nya mirip dengan buku Jared, tapi Yuval tetap memberikan kekhasan dan angin segar wawasan dan imajinasi baru ketika membacanya.

Semua buku ini genre nya mirip. Sejarah dunia yg mencangkup aspek biologi, sejarah, agama, bahasa, politik dari awal sejarah manusia. Sensasi ketika membacanya begitu mengalir. Buat yg penasaran dengan topik-topik tsb atau semendasar ingin tahu posisi kita di semesta ini seperti apa, these are the recommended books for you to read.

Gw barusan khatam yg Sapiens. Cosmos dan Guns Germs udh khatam tahun lalu. Homo Deus baru setengah.

Kapan-kapan gw pengen share insight dari buku ini dengan tulisan pendek di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *