Udah mau empat tahun, gw jalanin Sawala sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yg terima bikin projek sistem informasi, website dan yg berhubungan dengan itu.

Katanya sih projekan itu enak. Duitnya gede. Komitmen bisa diatur jangka pendek atau mau panjang sekalian. Well. Enaknya kalo emang dapet projek yg duitnya ada lebih. Karena kadang, kalo timeline dan scope projek meleset malah duit projeknya abis buat operasional bahkan sebelum projeknya serah terima­čśů

Masalah mulai muncul ketika ambil projek yg komitmen menengah dan panjang. Ditambah handle multiple projek dengan kebutuhan yg totaly beda meski ya ngerjainnya gitu-gitu aja sih.

Seiring berjalan waktu, Sawala jadi semacam punya boilerplate atau kerangka dasar yg berulang kali dibutuhkan kita untuk mengerjakan projek. Akhirnya boilerplate ini dijadikan @formulir.id.

Gw sih pengennya pelan-pelan Sawala jadi product company dengan model Software as a Service dan revenue mengandalkan full dari sini. Apakah bisa? Let see.